SINERGI

March 19, 2008 at 12:20 pm 1 comment

Sinergi yang berasal dari bahasa yunani synergo merupakan ‘mantra’ ajaib bagi kesuksesan sebuah perusahaan. Its really work. Tanpa sinergi, secerah apapun prospek  sebuah bisnis, belum tentu akan menghasilkan keuntungan jangka panjang. Sinergi adalah ikatan maya yang mempersatukan setiap individu dalam perusahaan untuk bergerak kearah yang sama.

Ibarat olahraga dayung, prinsip sinergi di perusahaan juga tidak jauh beda. Semua individu dalam perusahaan harus mendayung kegaris finis dengan arah yang sama dan sepenuh tenaga. Jika ada anggota tim yang mendayung kearah berlawanan, maka dapat dipastikan akan terjadi  perlambatan, stagnansi, dan yang ekstrim adalah kemunduran. Bisnis yang sudah absolit memang merupakan salah satu sebab kemunduran, tapi jika  ada sinergi dalam perusahaan, inovasi tak kenal henti pasti akan terus tumbuh bersemi.

Sinergi seyogyanya menjadi budaya perusahaan. Aplikasinya dilandasi oleh karakter individu-individu yang bertindak sebagai pemimpin perusahaan. Tanpa karakter unggul, seorang pemimpin perusahaan bisa dengan gampang  melakukan  penyimpangan. Ketika budaya perusahaan ini dilanggar khususnya oleh para pemimpin, niscaya perusahaan akan mengalami kemunduran.

 Sinergi dapat mengatasi keterbatasan sumber daya, membendung ancaman eksternal, serta  mentransformasi konsep kompetisi menjadi kemitraan. Banyak pengusaha sukses mengaku tidak berangkat dari latar belakang akademis yang menonjol, resep andalan mereka adalah menjaga kekompakan perkawanan. Resep yang sederhana dan seharusnya patut dicoba. Mari bersinergi. 

(1th Axis Project, March 19th 08)

Entry filed under: Management, Uncategorized.

Ditunggu: Lahirnya Raja Podium Transparansi Dana Politik

1 Comment Add your own

Leave a comment

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

March 2008
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Blog Stats

  • 29,775 hits