DIENG

July 3, 2023 at 4:58 am Leave a comment

Mengunjungi Dieng di Jawa Tengah menjadi pilihan kami untuk mengisi libur panjang Idul Adha 2023. Sudah lama saya ingin melihat keunikan Dieng. Dikenal sebagai kota diatas langit. Suhu yang dingin dan komplek candi Hindu dari jaman kerajaan Sanjaya.

Kami memasuki Dieng dari kota Batang. Google map memberi alternatif bahwa jalur ini lah yang paling dekat. Dari Batang, kendaraan kami membelah perbukitan sisi selatan kota. Dari ketinggian 100MDPL langsung menuju ketinggian 1000MDPL. Kami menemukan restorant yang sangat fancy . Namanya Kaki Langit. Selain arsitektur restorant yang indah, pemandangan yang tersaji juga tak kalah indah.

Dari Kaki Langit, kami menuju Dieng melewati hutan pinus dan hutan heterogen yang masih lebat. Kami disambut dengan kabut tebal yang meyelimuti suasana desa pertanian. Desa yang kami lewati menuju Dieng mayoritas bercocok tanam sayur. Mereka menanam kentang, kol, wortel dan aneka sayur hijau. Alangkah hebatnya kerja keras yang para petani lakukan membuat terasering. Kombinasi antara terasering dan warna warni sayuran membentuk pemandangan yang memukau.

Sore hari kami memasuki kota Dieng. Cuaca berkabut dengan hujan gerimis. Suhu saat itu 14 derajat. Kota ini sudah menjadi kota wisata. Kendaraan pribadi dari Jakarta, Surabaya, Bandung terlihat ramai bersliweran. Penginapan aneka kelas juga sudah tersedia.

Dieng merupakan lembah datar yang berlokasi diketinggian 2000 MDPL. Saya tidak bisa bayangkan, bagaimana pada jaman dahulu cara untuk mencapai Dieng. Pastilah membutuhkan waktu berhari hari. Pusat atraksi disini adalah komplek Candi Arjuna. Dari referensi yang saya baca, Candi Arjuna dibangun pada abad ke-8 Masehi oleh dinasti Sanjaya dari Mataram Kuno. Disamping Candi Arjuna, terdapat Candi Gatotkaca. Sayang sekali, bangunan Candi Gatotkaca lokasinya sudah terdesak oleh bangunan jajaran penginapan disana.

Malam hari Dieng sangatlah dingin. Kami beruntung sudah mempersiapkan diri dengan pakaian hangat yang cukup. Tidur menjadi tidak lelap karena dingin yang begitu menusuk. Pagi hari, suasana sangat menakjubkan. Dieng begitu indah. Pantaslah jika tempat ini dipilih oleh raja raja Mataram sebagai pusat pendidikan agama dan masa bagi para raja melalui tahapan hidup wanaprasta.

Entry filed under: Uncategorized.

2016

Leave a comment

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

July 2023
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Blog Stats

  • 29,775 hits