Cabang Koperasi Sinergi Nusantara Pertama

January 19, 2012 at 8:56 am Leave a comment

Setelah setahun resmi berdiri, Koperasi Sinergi Nusantara (KSN) sebagai wujud program gerakan ekonomi Peradah telah memberanikan diri membuka cabang pertama. Cabang pertama ini dibuka di Singaraja Bali. Kerja keras para pengurus KSN pusat dan Nyoman Suparna sebagai penggerak KSN Singaraja menjadkan misi strategis ini terwujud.

Berita saya kutip dari portal bisnis.com

http://www.bisnis.com/articles/koperasi-sinergi-nusantara-jakarta-gandeng-wirausahawan-singaraja-2

 Koperasi Sinergi Nusantara Jakarta Gandeng Wirausahawan Singaraja
Oleh Mulia Ginting Munthe
Senin, 16 Januari 2012 | 20:05 WIB

JAKARTA: Koperasi Sinergi Nusantara Jakarta menggandeng wirausahawan lokal Singaraja sebagai mitra melaksanakan pemberdayaan ekonomi masyarakat Singaraja dan Bali pada umumnya.

Wayan Sudane, Ketua Koperasi Sinergi Nusantara (KSN) Singaraja, Bali, menjelaskan pihaknya menggandeng wirausahawan lokal untuk lebih mengoptimalkan pelayanan koperasi kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

”Melalui pola ini kami mengharapkan mereka bisa menularkan keberhasilannya kepada calon wirausahawan muda lainnya di Bali secara umum,” ujarnya kepada Bisnis, Senin, 16 Januari 2012.

Adapun pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat yang menjadi fokus utama KSN Singaraja di sektor riil di antaranya peternakan, pertanian hingga properti, dan paling potensial menghasilkan nilai tambah.

KSN pada awal 2012 melebarkan bisnisnya ke Dusun Bale Agung, Desa Kerobokan, Singaraja Bali, karena potensi ekonomi dan kewirausahaan diwilayah itu masih luas untuk diberdayakan.

Oleh karena itu ke depan KSN Singaraja akan lebih fokus pada layanan unit simpan pinjam, termasuk melalui Program Pembiayaan Mitra Binaan Nusantara (PNBM).
 
Fokus ini dilakukan seiring program pemerintah mengembangkan koperasi dan kewirausahaan di seluruh Indonesia. Saat ini program PMBN KSN menjadi  progam unggulan masyarakat pedesaan yang memiliki potensi besar namun kesulitan permodalan.
 
Sebagai langkah awal, KSN bermitra dengan Badan Dharma Dana Nasional (BDDN) menyalurkan dana pembiayan modal usaha. Mulai Desember 2010 PMBN KSN berhasil menyalurkan pembiayaan kepada sembilan kelompok usaha di empat kabupaten dan provinsi, a.l. Lampung, Sulawesi Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta.(bas)
 
Pembiayaan yang diberikan bervariasi mulai Rp1 juta hingga Rp10 juta (skala mikro) di bidang usaha peternakan, perkebunan, perdagang hingga jasa bengkel. Sedangkan total modal yang digulirkan mencapai Rp40 juta.

 

Hingga Desember 2011, KSN telah menggulirkan Rp100 juta untuk modal kerja, dan tingkat kegagalan pengembalian atau non performing loan (NPL) dibawah 1%. Jumlah usaha binaannya sebanyak 20 mitra.(bas)

Entry filed under: Management. Tags: .

Catatan Mahasabha X Parisada Kabel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

January 2012
M T W T F S S
« Nov   Sep »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Blog Stats

  • 21,649 hits

%d bloggers like this: