Catatan Mahasabha X Parisada

January 19, 2012 at 8:07 am Leave a comment

Mahasabha X Parisada yang berlangsung di Bali baru saja berlalu. Perhelatan akbar lima  tahunan ini terasa wah. Semarak karena dihadiri oleh lebih dari 700 utusan ditambah dengan tempat penyelenggaraan acara yang cukup prestisius di Grand Bali Beach Bali.

Dari sisi pelaksanaan acara, Mahasabha X Parisada bisa dikatagorikan sukses besar. Rangkaian acara berlangsung dengan lancar dan semarak. Seluruh delegasi terlihat menikmati proses dan fasilitas pendukung acara. Tempat penginapan peserta Mahasabha yang terpisah di dua tempat, Grand Bali Beach dan Bali Pradise, teratasi dengan manajemen transportasi yang cukup rapi.  Secara keseluruhan bisa dikatakan semua gembira dan patut berterimakasih atas kesuksesan panitia acara Mahasabha X yang dipimpin Gusti Made Oka.

Dari sisi keputusan persidangan, Mahasabha X masih meninggalkan catatan yang perlu dijadikan pedoman bagi pelaksanaan Mahasabha XI. Mahasabha X dalam keputusan-keputusan AD/ART berusaha memperkuat roh Parisada ke Sabha Pandita. Sabha Pandita menjadi titik sentral dalam pengambilan kebijakan Parisada.

Penguatan Sabha Pandita ini pada kenyataannya tidak berbanding lurus dengan implementasi pengambilan keputusan dalam rapat-rapat Sabha Pandita. Dalam pandangan kami, jumlah Sabha Pandita yang hadir dalam Mahasabha X tidak cukup untuk dikatakan merepresentasikan keterwakilan daerah dan kelompok. Pandita yang hadir sebanyak 40 an orang, tidak sampai 5 persen dari keseluruhan peserta Mahasabha X. Jika Parisada merupakan majelisnya para pandita, sudah seharusnya kehadiran Pandita lebih banyak lagi. Paling tidak bisa mencapai minimal 25% dari jumlah peserta Mahasabha.

Karena minimnya representasi Pandita, forum Mahasabha X menjadi forum majelis yang bercita rasa ormas. Peran dan kiprah walaka begitu dominan dalam pemberian saran dan keputusan. Tak ayal, dalam persidangan persidangan masih terlihat adu urat yang menjurus kasar dalam penyampaian kata kata. Hemat kami, pembenahan terhadap catatan pertama ini sudah semestinya dikerjakan sedini mungkin. Porum Pesamuan Agung bisa dijadikan ajang untuk lebih melakukan penguatan representasi Sabha Pandita.

Catatan kedua kami terkait Mahasabha X Parisada adalah dalam pengambilan keputusan terhadap pengurus Sabha Walaka. Dalam AD/ART telah diatur bahwa pengurus Sabha Walaka dipilih oleh para anggota Sabha Walaka. Terpilihnya ketua Sabha Walaka yang terlihat tergesa gesa dengan mengabaikan korum anggota jelas terasa dipaksakan. Kalau merujuk aturan, keputusan ini mesti dianulir dan dilaksanakan pemilihan ulang yang lebih baik. Transparan dalam pelaksanaan dan dihadiri oleh seluruh anggota Sabha Walaka.

Dengan proses pengambilan keputusan di Sabha Pandita dan Sabha Walaka dalam Mahasabha X yang kurang memperhatikan kaidah representasi, kami yakini dapat menyebabkan lembaga ini menjadi makin lemah kedepannya . Survei yang telah dilaksanakan oleh Lembaga Kajian dan Penelitian Peradah (LKPP) terkait Parisada menyatakan bahwa hanya 28% dari responden yang mengenal Parisada memiliki organ Sabha Pandita, Sabha Walaka dan Pengurus Harian. Hasil survei ini jelas menunjukkan lemahnya organ organ Parisada bekerja untuk umat Hindu.

Niat baik untuk memperkuat roh Parisada ke tubuh Sabha Pandita menurut kami kedepannya perlu diaplikasikan lebih tegas dan berani. Sabha Pandita seharusnya dapat secara langsung memilih anggota Sabha Walaka dan Pengurus Harian. Pro kontra yang akan terjadi adalah, apakah Sabha Pandita cukup kredibel dan representatif untuk memilih tim kerjanya yang akan membantu melalui organ Sabha Walaka dan Sabha Pandita.

Semoga Mahasabha XI Parisada kian baik dengan menghasilkan keputusan keputusan yang makin berimplikasi nyata bagi perkembangan umat Hindu.

 

 

 

Entry filed under: Peradah. Tags: , .

OKP Papan Nama di KNPI Cabang Koperasi Sinergi Nusantara Pertama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

January 2012
M T W T F S S
« Nov   Sep »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Blog Stats

  • 21,649 hits

%d bloggers like this: