Transparansi Dana Politik

May 12, 2008 at 4:03 am 1 comment

Membuka website kandidat presiden Amerika dari partai Demokrat,  barackobama.com atau hillaryclinton.com memberi pelajaran  kepada kita akan transparansi dana politik. Di halaman depan website kedua kandidat tersebut dengan jelas terpampang ajakan untuk berdonasi. Obama dan Hillary meminta serta membuka ruang bagi partisipasi rakyat Amerika dalam mendanai terpilihnya presiden yang baru.

Setelah ajakan untuk berdonasi, barulah dihalaman web selanjutnya kita disuguhkan dengan informasi -informasi seputar pemilihan. Mulai dari Program, isu-isu,  saluran dukungan, serta  media komunikasi interaktif dengan kandidat. Kandidat dengan mudah bisa kita temui di  friendster, facebook ataupun flickr.  Para kandidat seolah memperlihatkan kalau mereka bisa dijangkau oleh seluruh lapisan rakyat dari seluruh penjuru Amerika dan dunia. Mereka juga ingin menunjukkan kalau mereka transparan.

Di negara kita, transparansi dana politik  rupanya masih jauh dari harapan. Rakyat bukan subyek  tapi masih merupakan obyek dalam pemilihan langsung, baik untuk presiden, gubernur ataupun bupati. Pemilih terbentuk oleh sistem dan kondisi untuk menerima  bukan berkontribusi dana dalam pemilihan. Di Amerika rakyat menentukan, di Indonesia sama juga, tapi dengan catatan ada harganya.

Contoh paling kongkrit bisa kita temui dalam pemilihan Gubernur Bali yang akan segera berlangsung. Data menunjukkan, tak satupun dari ketiga kandidat gubernur berani dengan transparan membeberkan sumber dana pemilihan yang mereka gelontorkan. Mangku Pastika, Winasa dan Cok Budi Suryawan sama tidak transparannya.  Tak satupun di website para kandidat berani meminta partisipasi rakyat Bali untuk secara lanngsung memberikan dukungan dalam bentuk partisipasi dana. Informasi asal sumber dana  kampanye juga tidak bisa kita lihat di media informasi kampanye mereka.  

Dengan sumber dana kampanye yang tidak transparan, Gubernur Bali terpilih dikhawatirkan telah terbeli oleh para pemodal politik atau kartel ekonomi. Kelompok ini maksudnya jelas, keuntungan. Siapakah yang akan dirugikan ? pastilah rakyat Bali.

 

Entry filed under: Politik. Tags: .

SINERGI Politik Pura-Pura

1 Comment Add your own

  • 1. Noch  |  July 8, 2008 at 4:10 am

    Ya”’ Betul telah terbeli, dan nati menjualnya Bli….

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

May 2008
M T W T F S S
« Mar   Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Blog Stats

  • 21,649 hits

%d bloggers like this: