Basarang, Desa Bali Disisi Sungai Kapuas

November 10, 2010 at 5:10 am 3 comments

Bagi yang berkunjung ke Kabupaten Kapuas, sempatkanlah mampir ke Basarang. Desa Bali yang terletak persis disisi aliran Sungai Kapuas. Desa ini selain terkenal sebagai kampungnya orang Bali, Basarang juga dikenal akan nenas madunya. Nenas Basarang rasanya sangat manis. Makan satu nenas tidak akan terasa cukup karena saking enaknya.

Kabupaten Kapuas secara daerah administratif berada di wilayah Kailmantan Tengah. Tapi secara geografis lebih dekat dengan Banjarmasin, ibukota Kalimantan Selatan. Untuk sampai Palangkaraya kita mesti menempuh perjalanan darat sekitar dua setengah jam. Kalau ke Banjarmasin cukum satu jam perjalanan darat.

Dari kota Kabupaten Kapuas ke Desa Basarang tidak sampai 30 menit. Setelah melewati jembatan Pulau Telo kita akan langsung berjumpa dengan keakraban desa desa di Bali. Telo dalam bahasa dayak berarti tiga. Dari jembatan Sungai Telo, kita bisa melihat tiga pulau kecil yang ada ditengah Sungai Kapuas. Menurut cerita, dulu pulau ini sempat akan dijadikan sebagai wilayah khusus perjudian. Sukurlah ide gila ini tidak kesampaian.

Saya mengunjungi Desa Basarang untuk bertemu dengan Wayan Sintra. Rumahnya berada didepan Pura Jagatnatha, dibelah oleh jalan raya Kapuas menuju Palangkaraya. Kontak Sintra saya dapatkan dari Agung, Ketua Peradah Kapuas . Agung adalah seorang wirausahawan. Dia memiliki usaha foto copy. Usahanya terbilang maju. Saat saya bertemu Agung di tokonya,  terlihat banyak pengunjung khususnya pegawai dinas Kapuas memanfaatkan jasa fotocopynya.

Sosok Wayan Sintra menarik buat saya. Sejak muda Sintra telah menjadi penggerak kemajuan Hindu di Basarang dan Kalimantan Tengah. Sintra muda merintis pesantian muda mudi di Basarang yang hingga kini dikenal sebagai Pesantian Peradah. Dia aktif bersosialisasi dengan warga dayak Hindu Kaharingan. Dengan kemampuannya berbahasa sangiang, dia bisa memberikan pemahaman mengenai nilai nilai Hindu yang lekat dengan nilai lokal Dayak Kapuas. Sintra dewasa mendapat tentangan dari warga desa Basarang tempat dia bertumbuh kembang atas konsekwensinya menalami ajaran Hare Krisna. Tiga fakta tersebut sangat menarik minat saya untuk bertemu dan mengenal  Sintra lebih jauh.

Wayan Sintra merupakan generasi kedua yang terlahir dan besar di Basarang. Ayah Sintra menginjakkan kaki di Basarang pada tahun 1963. Transmigran generasi pertama dari Bali atas program Soekarno. Cita cita Soekarno pada waktu itu adalah menjadikan Palangkaraya sebagai ibukota Indonesia. Untuk mewujudkan cita cita tersebut Soekarno merancang infrastruktur kota dan menambah sumber daya manusia lewat program transmigrasi. Ayah Sintra berasal dari Nusa Lembongan. Tahun 1963 hidup di Nusa Lembongan sangatlah susah. Tidak ada industri pariwisata atau usaha rumput laut seperti yang kita kenal sekarang ini. Hidup yang susah saat itu membuat orang tua Sintra eksodus ke desa Melaya kabupaten Negara sebagai buruh upah. Dengan cita cita untuk memiliki tanah pertanian sendiri, akhirnya mereka berlabuh di Basarang Kalimantan Tengah bersama dengan 60 kepala keluarga yang lainnya.

Basarang tahun 60 an adalah hutan rimba. Sintra mengenang desa kelahirannya sebagai tempat bertumbuh yang beralam keras. Tidak mudah mengolah tanah rawa menjadi tanah yang siap untuk ditanami. Akses transportasi sangat susah. Klotok sejenis sampan kecil merupakan alat transportasi utama antar desa yang terhubung oleh sungai. Baru pada tahun 1998 jalan raya Basarang ke Palangkaraya selesai dibangun. Sebelumnya ke Palangkaraya masyarakt Basarang harus menghabiskan waktu satu hari menggunakan bus air. Nyamuk rawa menjadi keseharian di Basarang. Saat saya bertamu ke rumah Sintra, nyamuk rawa langsung menyapa kaki saya dan tangan saya dengan rakusnya.

Wayan Sintra adalah penggerak Peradah Indonesia di Kapuas khususnya Basarang. Saya salut atas kerja kerasnya menggerakkan organisasi di sebuah tempat yang nun jauh dari Jakarta. Ditengah upaya yang dia lakukan untuk meningkatkan pemahaman SDM Dayak Kapuas akan nilai nilai Hindu dan juga mengupayakan persatuan antara warga Bali dan Dayak, Sintra mendapat tantangan dari internal warga Basarang. Sekelompok warga Basarang tidak terima karena Sintra mendalami ajaran Hare Krisna. Saya merasa ironi akan situasi yang dihadapi Sintra. Ditengah upaya membangun kebersamaan dalam perbedaan dengan warga Hindu Dayak Kapuas, Sintra sendiri mendapat penolakan dari warga Bali.

Saat ini Sintra menjabat sebagai kepala sekolah di SMP 6 Palingkau, Kapuas Muru. Sebagai pendidik dia merupakan ujung tombak kemajuan SDM masyarkat Hindu di Kalimantan Tengah. Upayanya untuk memajukan kualitas SDM Dayak Ngaju (Dayak Kapuas) patut kita berikan apresiasi. Dia adalah pemain utama persatuan Hindu Nusantara di Kalimantan Tengah.

Entry filed under: Peradah. Tags: , .

MENCARI ORANG Obama Obambang

3 Comments Add your own

  • 1. Zubair Dadang Margono  |  January 19, 2011 at 4:39 am

    Saya pernah nglewatin daerah Basarang ini pas bepergian Banjarmasin-Palangkaraya pp. Cukup menarik biarpun nggak banyak yang bisa diliat (gak kayak di Bali, ya?). Daerah lain deket Banjar yang banyak orang Balinya itu di Barambai, Barito Kuala (ini dah masuk KalSel).

    Reply
  • 2. Krisnanda  |  February 2, 2011 at 3:53 am

    saya pernah lewat daerah basarang bli….
    kebetulan pacar saya orang Palangkaraya..tapi dinas di Pulang Pisau…..
    saya Dari Bali tapi kuliah di Jogja…saya lewat Banjarmasin dari Jogja…jadi sempat lihat daerah basarang..tak menyangka banyak krama Bali disana…kapan2 kalo kesana lagi saya singgah lah….
    hehehehehehhehehehe

    Reply
  • 3. Kade suasman  |  April 28, 2012 at 2:06 pm

    Setujuuuuuuu

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

November 2010
M T W T F S S
« Oct   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Blog Stats

  • 21,649 hits

%d bloggers like this: