Makna Terpilihnya Mangku Pastika

February 3, 2008 at 1:27 pm 9 comments

Dengan telah ditetapkannya Komjen Polisi Mangku Pastika sebagai calon Gubernur Bali dari PDI Perjuangan, berarti berakhir pula proses beauty contest selama setahun lebih diantara para bakal calon. Sebelumnya, ada lebih dari 3 bakal calon yang semuanya mengaku siap dipinang oleh PDIP di media masa dan masyarakat Bali. Mereka selama setahun lebih telah  melakukan perang untuk menjadi makin popular dengan harapan dapat dilirik oleh PDIP.

Perang yang lainnya adalah gerilya menjadi yang paling dekat dengan Megawati, selaku ketua umum PDIP yang diberikan mandat penuh untuk memimpin pengambilan keputusan terhadap calon gubernur Bali. Ada bakal calon yang mengaku dekat dengan Pramono Anung, ada yang mengklaim telah pergi bareng dengan Taufik Kemas, dan tentunya semua merasa telah direstui oleh “Ibu”, panggilan mereka untuk Megawati.

Ketika pada pleno DPP PDI Perjuangan pada sore hari di tanggal 26 Januari 2008  memutuskan bahwa pasangan Mangku Pastika dan Puspayoga dipilih secara aklamasi, tersirat beberapa hal yang esensial untuk dicermati oleh masyarakat Bali. Yang pertama adalah ketidakberanian DPD PDIP Bali untuk mengambil keputusan terhadap hal yang sangat penting bagi masyarakat Bali. Seandainya keputusan ini diambi langsung oleh DPD, maka maknanya akan menjadi lebih kuat bahwa Mangku Pastika memang pilihan masyarakat Bali bukan pilihan orang-oarang pusat. Disamping itu, masyarakat Bali akan makin yakin bahwa perwakilan mereka di DPD Propinsi adalah kompeten. Bukan hanya boneka yang setiap saat bisa didikte oleh orang-orang DPP.

Yang kedua adalah anomali terhadap pernyataan yang banyak beredar bahwa Mangku Pastika telah habis di Bali karena dia telah menghabisi “bebotoh” sabung ayam. Angkat topi atas pilihan terhadap beliau sebagai cagub, karena dengan ini perang terhadap para  “bebetoh” dapat berlanjut. Kekhawatiran yang dihembuskan oleh lawan-lawan politiknya terbukti tidak menjadi kenyataan, dan memang harus tidak menjadi kenyataan. Bukankah statistic telah membuktikan bahwa yang benci terhadap “bebetoh” sabung ayam jauh lebih banyak dibandingkan yang mendukung. Memang yang anti sabung ayam adalah silent majority, tapi jangan salah, mereka adalah pemilih kongkrit.

Mangku Pastika memberikan harapan akan figure yang tepat sebagai spoke person Bali di dunia Internasional. Hal ketiga ini sangat penting karena Bali telah menjadi icon dunia. Ratusan juta orang melihat ke Bali dan mencermati beritanya seperti tragedi Bom Bali. Peran ini telah pernah dijalankan dengan baik oleh beliau sebagai Kapolda saat itu. Dengan majunya beliau sebagai cagub, harapan akan sosok yang world class serta security wise trusted telah terpenuhi.
 
Yang keempat, pilihan terhadap Mangku Pastika juga memberi makna terhadap pilihan yang bukan hanya jagoan lokal. Mangku Pastika dengan pangkat terakhir sebagai Komjen Polisi telah memiliki pengalaman penugasan keliling Indonesia. Nama beliau juga dikenal luas di seluruh Indonesia bahkan manca negara. Seandainya beliau terpilih, tentunya akan membuka pintu bagi tokoh-tokoh Bali yang memiliki nama nasional tapi memiliki waktu yang relative singkat berkiprah di Bali.

 Yang terakhir, bagi siapapun yang akan menjadi penantang Mangku Pastika dalam pemilihan Gubernur Bali mendatang, bersiap siaplah untuk menghadapi lawan yang tangguh.Disamping nama yang telah terpatri dihampir semua masyarakat Bali, mesin politik PDI Perjuangan tentunya tidak akan mau kalah di propinsi yang telah dianggap sebagai kandangnya Si Moncong Putih.

Entry filed under: non profit. Tags: .

Berfoto dengan Pak Harto Ulang Tahun

9 Comments Add your own

  • 1. I Nyoman Sweta  |  February 12, 2008 at 7:17 am

    Saatnya Bali dipimpin oleh sosok yang memiliki karakter dan reputasi internasional. Terlepas dari partai mana yang mencalonkan, sebagai orang Bali mari kita pilih Orang yang berani menentang penyakit orang Bali ( TAJEN). Walaupun Tajen dikatakan budaya, tapi karena Tajen, banyak orang Bali sampai jual tanah untuk memenuhi hasratnya. Dan tanah yang dijual dibeli oleh orang luar. Sementara anaknya dibiarkan terlantar. Mereka lebih berani mempertaruhkan uangnya di medan Tajen daripada memberikan pendidikan yang layak pada anak-anaknya. Sory, bukan maksud saya menyinggung siapapun.

    Reply
  • 2. i gede blonder  |  February 13, 2008 at 2:10 pm

    bli mang, sebelumnya tiang ucapkan selamat ulang tahun!! semoga apa yg bli mang cita2kan bisa tercapai semua..
    oya, tiang sempat baca di koran (lupa koran apa dan kapan,sepertinya sih bali post), beritanya mengenai keinginan mangku pastika mengundang para bebotoh utk bertukar pikiran di rumahnya.disebutkan pula bahwa saat mangku pastika menjabat sbg kapolda bali, keputusannya memerangi para bebotoh sebenarnya bukan murni keputusan beliau, tapi itu merupakan perintah dari kapolri. yang tiang tangkap kok sepertinya mangku pastika cari selamat ya? tapi itu sah-sah saja sih dlm dunia politik. merangkul semua pihak, kawan maupun lawan. kalo ada orang yg bisa merangkul lawannya, bukankah hal itu akan lebih baik bli mang? ini cuma comment iseng aja nggih, soalnya lumayan menggelitik. mumpung topiknya pas. bukan berarti antipati terhadap mangku pastika. saya amat sangat senang waktu mangku pastika memberlakukan larangan tajen di bali, walaupun saya tidak pernah dirugikan baik secara langsung maupun tidak langsung oleh adanya tajen. semua yang bli mang paparkan diatas memang masuk akal. syarat untuk menjadi seorang pemimpin haruslah dikenal oleh rakyatnya. mangku pastika memiliki syarat tersebut. well, kalo seandainya pak mangku pastika terpilih sebagai gubernur bali, semoga saja beliau mampu mengakomodasi semua kepentingan rakyat bali dan mempunyai komitmen tinggi untuk menjaga bali dari ancaman yang datang dari luar maupun dari dalam. semoga saja pertemuan yang akan diadakan oleh mangku pastika dengan para bebotoh tidak mempunyai agenda terselubung yang hanya bermaksud untuk mendapatkan dukungan dari para bebotoh dan kemudian memberikan mereka ijin untuk mengadakan tajen lagi.
    ilustrasinya pas bli mang!!! can’t get any better than this!!

    Reply
  • 3. puspajaya  |  February 25, 2008 at 2:43 am

    bravo buat pak mangku, kami sebagai masyarakat bali perantauan sangan menyambut baik dengan terpilihnya pak mangku sebagai calon bali 1 dari pdip.ada beberapa alasan anatara lain beliau sudah go international baik reputasinya maupun kebersihan pribadinya, dan beliau tidak feodal karena saya tahu beliau sewaktu masih di sumatera.
    salam hangat dari ” wong kito ” sukses selalu.

    Reply
  • 4. rahtut  |  March 12, 2008 at 3:51 am

    kenyataanne????? orientasinya tetaplah kekuasaan, demi kekuasaan rela telan ludah sendiri dg berbalik “mendewakan” tajen dan para bebotohnya……ya bisa kita nilai kwalitasnya

    Reply
  • 5. nuarta  |  April 5, 2008 at 5:49 pm

    fenomena gras root http://pastika.wordpress.com

    Reply
  • 6. nuarta  |  April 8, 2008 at 12:09 pm

    http://pastika.wordpress.com
    mohon doa restu

    Reply
  • 7. made ariawan MBA  |  July 10, 2008 at 1:19 pm

    saya merasa senang ketika bapak mangku pastika jadi gubernur bali,bukan karena saya seorang pemangku dari 8 th lalu,tetapi saya melihat kejujuran,keseriusan ngayah dan profesionalisme beliu yg menjadi aura positif beliau.saya merintis usaha villa dari nol dan saya tipe penikmat hasil itu sebagai cambuk sy untuk tambah maju lagi dan saya merasa makin senang kemaren ketika saya mendengar kemenangan beliau.
    ini kemenangan untuk pariwisata bali dan hinduism /agama hindu di bali.
    saya dukung pak mangku sekala niskala (www.islandhomebali.com)

    Reply
  • 8. pastika  |  July 12, 2008 at 5:35 pm

    http://pastika.wordpress.com/
    TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN DAN PARTISIPASI MASYARAKAT BALI UNTUK MEMILIH DAN MEMENANGKAN MANGKU PASTIKA DAN PUSPAYOGA SEBAGAI GUBERNUR dan WAKIL GUBERNUR BALI 2008 – 2013

    Reply
  • 9. tjok agung pemayun  |  July 16, 2008 at 1:09 pm

    selamat pak Mangku, saya habis habisan berjuang untuk CBS, kenyataannya kalah, apa boleh buat, yang menang harus didukung agar bali tetap aman dan sejahtera, dan bebas tajen.
    semoga.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

Blog Stats

  • 21,649 hits

%d bloggers like this: