NYANYIAN DHARMA 2, DAN HINDUPUN BEGITU MEMPESONA

December 6, 2007 at 8:25 am 9 comments

“Karma manusia tak kan hilang jiwa
meninggalkan raga
Walau bayang terhapus musnah pupus
Ditelan masa
Karma manusia tetap tersirat
Jejak Langkahnya
Walau sampai diakhir hayat
Pala selalu kan terbawa…… “

Petikan lirik diatas diambil dari lagu Karma yang terdapat dalam album Nyanyian Dharma 2. Lagu ini merupakaan kolaborasi  Dewa Budjana bersama Putu Wijaya, Tri Utami dan Maya Hasan. Putu Wijaya dengan kepiawaiannya menuliskan untaian kata, Tri Utami yang memiliki vocal jernih dan Maya Hasan, maestro harpa Indonesia. Tidak susah bagi kita untuk  langsung jatuh cinta dengan lagu ini. Liriknya sarat dengan makna filosofis.  Dinyanyikan oleh Tri Utami dengan penuh penghayatan, ditingkahi suara petikan harpa Maya Hasan yang membawa suasana meditative. Kombinasi  ini akhirnya sukses diramu oleh Dewa Budjana menjadi kekuatan dari salah satu lagu di album Nyanyian Dharma 2.

Dewa Budjana sebagai produser dan music arranger album Nyanyian Dharma 2  terlihat jauh lebih serius dibandingkan projek pertama dengan judul album yang sama. Ini bisa dilihat dari komposisi para penyanyi dan penulis syair lagu. Tidak tanggung-tanggung, dalam album ini diajak turut serta beberapa penyanyi yang saat ini cukup popular di dunia musik Indonesia. Mengajak Suta dan Dewa yang merupakan jebolan AFI-Indosiar memberi nilai plus tersendiri. Disamping kualitas vocal yang bagus, mereka juga telah memiliki penggemar fanatic masing-masing. Lagu Om Swastiastu yang liriknya ditulis oleh Cok Sawitri, dinyanyikan sangat bagus oleh mereka dan menghantarkan kita dalam suasana dinamis semangat anak muda Hindu.

Para penggemar lagu-lagu Bali juga akan terpuaskan dengan hadirnya Widhi Widiana  dan Lolot yang turut ambil bagian dalam lagu Hymne Tat Twam Asi. Balawan sebagai salah satu pemain gitar terbaik di tanah air juga turut memberikan kontribusinya dalam lagu Moksa. Pergumulan kreasi seni Budjana dan Balawan seolah bagai air yang tak bisa terhentikan untuk mengalir. Setelah kolaborasi mereka sebelumnya di grup Trisum bersama Tohpati, mereka saling mengisi dan mendukung kembali di Nyanyian Dharma 2.

Musisi-musisi nasional yang notabene bukan beragama Hindu seperti  Indra Lesmana, Thomas, Ronald, Budhy dan  Hendi dari GIGI juga terlibat dalam pembuatan album rohani Hindu ini. Persatuan dan kerjasama mereka sungguh patut dijadikan inspirasi. Seperti pengantar yang ditulis dalam sampul CD Nyanyian Dharma 2 dengan sangat indah oleh senior susastra Hindu Agus Mantik, “Dunia ini akan jauh bertambah miskin apabila satu kepercayaan saja menyerap semua kepercayaan yang lain. Tuhan menginginkan harmoni yang kaya dan bukan keseragaman yang tanpa warna”.

Album Nyanyian Dharma 2 terdiri dari 9 lagu, lebih banyak 1 lagu dibandingkan album pertama. Yang cukup berkesan adalah lagu terakhir berjudul Mantramku. Lagu ini berdasar atas  Mantram Gayatri, diaransemen ulang oleh Tri Utami dan Dewa Budjana. Kita akan mendengarkan mantra yang menghanyutkan, kemudian di lantunkan juga makna mantram gayatri ini melalui olah vocal Tri Utami. Biasanya kita hanya mengenal dan mangalunkan lagu mantram Gayatri dalam 2 versi, India dan Bali,. Setelah keluarnya album ini, tentu juga kita boleh  tambahkan lagu Mantram Gayatri versi Nyanyian Dharma atau versi Tri Utami.

Beberapa lagu yang baru direlease ternyata memiliki kesamaan tema dengan album Nyanyian Dharma pertama. Lagu Karmaphala, Tat Twam Asi dan Panganjali Umat memiliki tema yang sama di album ke 2 dengan Karma, Hymne Tat Twam Asi dan Om Swastiastu. Terlepas dari aransemen dan lirik yang berbeda, pengenalan terhadap tema yang lain dari nilai-nilai luhur Hindu sepertinya diperlukan untuk memperkenalkan kepada umat dan masyarakat luas. Pilihan untuk tetap menyelipkan lagu versi bahasa Inggris cukup tepat, terkait segmen pasar dan perkembangan global. Masyarakat dunia harus mengenal bahwa Hindu Indonesia-Bali memiliki 3 pondasi dasar yang menjadi panutan hidup yaitu Tri Kaya Parisudha. Kali ini lagu dengan judul tersebut dipilih untuk ditulis liriknya serta dinyanyikan dengan fasih dalam bahasa Inggris oleh Ayu Laksmi.

Belajar dari kesalahan album pertama dengan label indie, distribusi album Nyanyian Dharma 2 telah diantisipasi dengan menggandeng Sony BMG Music Entertaiment Indonesia. Harapannya tentu saja album rohani ini akan beredar di banyak music store besar di tanah air. Sayangnya, untuk di Jakarta baru hanya satu tempat yang menjual. Album ini baru bisa ditemukan di sebuah toko musik di mall yang berlokasi di Senayan, setelah sebelumnya sempat dicari di beberapa music store lainnya yang cukup terkenal.

Hadirnya Nyanyian Dharma Foundation sebagai executive producer bersama dengan Bali Tourism Board (BTB) patut mendapat kredit khusus. Kita tentunya berharap besar terhadap yayasan ini untuk dapat melahirkan Nyanyian Dharma 3 dan seterusnya. Ada rasa dahaga akan kehadiran siraman rohani dalam bentuk yang populer. Pesan-pesan rohani serta value universal yang kita miliki diharapkan dapat tersebar secara luas tanpa mengenal sekat dan batas. Generasi muda serta anak-anak juga akan lebih mudah untuk mengenal serta memahami nilai-nilai adi luhung yang terdapat dalam keyakinan mereka.

Setelah mendengarkan keseluruhan album Nyanyian Dharma 2, kita akan banyak menemukan nilai-nilai universal yang terbungkus dalam untaian lirik lagu. Tak ada kekhawatiran sedikitpun untuk memperdengarkan lagu ini diruang public. Dan dari semuanya, ada perasaan akan keyakinan kalau Hindu memang begitu mempesona.

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Mengelola Organisasi Nonprofit Pulang Untuk Berpulang

9 Comments Add your own

  • 1. Dee  |  December 12, 2007 at 2:28 am

    Inti dari sebuah pesona adalah cara manusia menghayatinya. Semua hal yang tercipta itu penuh pesona asalkan manusia bisa melihatnya dari mata yang indah yang disinari oleh hati yang murni.

    Reply
  • 2. Luhtu  |  February 5, 2008 at 10:46 am

    Lagunya emang asik banget kok🙂
    Lumayan utk menghilangkan kekangenan ama Bali.

    Reply
  • 3. Putu  |  February 5, 2008 at 10:59 am

    for the second thought,
    saya ada beberapa kata yg berhubungan ama Bali : sasanabali, balimasakini, toebali (tobali maksudnya🙂 ), quickbali, lovelybali

    nanti saya cari ide yg lain lagi ya…

    Reply
  • 4. gunk arixxxxx/arya  |  March 5, 2008 at 4:50 am

    saya bangga pada budjana karena sudah mengharumkan nama bali.saya harap lagu ini akan membuat umat hidu di bali hidup tentram dan damai……..sorga

    Reply
  • 5. I.Gede Merta Nadi  |  August 11, 2008 at 3:59 am

    Swastyasthu Bli..

    iseng2 browsing kok ketemu juga akhirnya…
    Nyanyian dharma is the best dech..

    Santi

    Reply
  • 6. ayux kreny  |  August 21, 2008 at 4:48 am

    saya sudah menemukan lagu2 yg ada di album Nyanyian Dharma 2…

    10 lagu itu menjadi lagu favourite saya setiap hari…
    termasuk lagu KARMA…

    THANKS BUAT DEWA BUDJANA
    SUKSES SELALU

    Reply
  • 7. ali vikram  |  September 10, 2008 at 6:43 am

    10 lagi saya suka semua namun yang menghanyutkan adalah No. 2 dan No. 10
    Thank

    Reply
  • 8. Nining  |  November 4, 2008 at 2:43 am

    Pada saat mendengarkan lagu Karma dan Mantram Gayatri yang dinyanyikan Trie Utami dan Ayu Laksmi secara live tanggal 12 Oktober 2008 di Monumen Bajra Sandhi pada peringatan Gema Perdamaian 2008 benar-benar membuat kita merenung dan menghayati pesan-pesan dalam lagu tersebut.

    Sukses untuk Dewa Bujana, Trie Utami, Ayu Laksmi dan rekan-rekan lainnya yang menyuarakan kekuatan cinta dan kasih sayang untuk dunia

    Reply
  • 9. YUDE  |  June 3, 2011 at 7:36 am

    aq ska bgt ma nyanyian dharma nie,tapi sayang bgt kaset q hilang,aq cri di toko kaset udah gak ada,cma ada cdnya

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Categories

December 2007
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Blog Stats

  • 21,649 hits

%d bloggers like this: